A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: models/m_berita.php

Line Number: 60

Berita | Musrenbang Kecamatan Pontianak Selatan Tahun 2015, Pembahasan Usulan Secara Online Melalui SIPP
BERITA DAN KEGIATAN

Musrenbang Kecamatan Pontianak Selatan Tahun 2015, Pembahasan Usulan Secara Online Melalui SIPP


| 10 Februari 2014 | 07:39:05

Wakil Walikota Pontianak, Ir. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT secara resmi membuka Musrenbang Kecamatan Pontianak Selatan tahun 2015 yang bertempat di Aula UDKP Kecamatan Pontianak Selatan, Jl. Letjen Sutoyo Pontianak. Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD kota Pontianak, Kepala SKPD se-Kota Pontianak, Camat Pontianak Selatan, Lurah se-Kecamatan Pontianak Selatan, Anggota DPRD Dapil Pontianak Selatan, para RT dan RW, serta tokoh masyarakat dan tokoh agama. Musrenbang Kecamatan Pontianak Selatan ini mengawali rangkaian pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan se-Kota Pontianak setelah tahapan Musrenbang Kelurahan selesai dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2014 yang lalu.

Pada kesempatan itu Wakil Walikota Pontianak mengatakan bahwa Musrenbang ini merupakan upaya menjaring aspirasi masyarakat dan prioritas pembangunan di Kecamatan, bukan hanya kegiatan seremonial untuk memenuhi kewajiban pemerintah Kota Pontianak. “Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam pembangunan, tanpa adanya keterlibatan masyarakat maka pembangunan tidak akan berjalan dengan lancar”. Sebagai contoh, Wakil Walikota Pontianak menyampaikan bahwa pengerjaan Parit Tokaya yang ada di Kecamatan Pontianak Selatan hingga saat ini masih belum selesai karena masih terkendala pembebasan lahan. “Banyak terdapat bangunan terutama sekitar Ramayana sehingga pembebasan lahan untuk pelebaran dan penurapan Parit Tokaya sebagai drainase utama belum tuntas, kalau persoalan ini belum bisa diselesaikan maka permasalahan banjir di Kota Pontianak belum akan teratasi”. Oleh sebab itu diharapkan seluruh Lurah dan Camat bekerja sama secara maksimal dengan warga masyarakat, RT dan RW agar kegiatan ini bisa cepat diselesaikan dan permasalahan banjir di Kota Pontianak dapat segera kita atasi, ujar Ir. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT.

Setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan pleno I yang merupakan pemaparan dari Narasumber yaitu Camat Pontianak Selatan (Yuni Rosdiah, S.IP.,M.Si) yang memaparkan realisasi pelaksanaan pembangunan tahun 2013, rencana pembangunan tahun 2014, permasalahan dan isu-isu utama serta program prioritas di wilayah Pontianak Selatan. Selanjutnya diikuti oleh pemaparan Kepala Bappeda Kota Pontianak, Ir. Uray indra Mulya, MM dan diikuti oleh pemaparan oleh Kepala Bidang Bina Marga – Dinas Pekerjaan Umum.

Pada Pleno II, ada yang berbeda dari pelaksanaan Musrenbang Kecamatan sebelumnya, yaitu pemanfaatan SIPP secara online dalam pembahasan usulan prioritas. Diskusi dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu kelompok terkait Fisik dan Prasarana, Sosial Budaya dan Ekonomi. Pada masing-masing kelompok terdapat LCD proyektor, jaringan internet dan satu orang operator SIPP yang bertugas menayangkan hasil usulan kelurahan yang telah diinput pada SIPP. Masyarakat melakukan pembahasan usulan langsung dari SIPP dan jika telah disepakati menjadi prioritas maka data usulan tersebut dikirimkan secara on line ke tahapan forum SKPD."Ini sistem baru dan kami menyambut baik upaya yang dilakukan pemkot Pontianak supaya proses Musrenbang lebih baik lagi", ujar salah seorang peserta Musrenbang.