A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: models/m_berita.php

Line Number: 60

Berita | Musrenbang Kecamatan Pontianak Utara Tahun 2015, "Prioritaskan Kebutuhan, Bukan Keinginan"
BERITA DAN KEGIATAN

Musrenbang Kecamatan Pontianak Utara Tahun 2015, "Prioritaskan Kebutuhan, Bukan Keinginan"


| 20 Februari 2014 | 10:32:42

Kecamatan Pontianak Utara menyelenggarakan Musrenbang tingkat kecamatan untuk membahas rencana pembangunan tahun 2015. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Walikota Pontianak, Sutarmidji, SH, M.Hum ini dilaksanakan pada tanggal 20 Maret 2014, bertempat di Aula Kecamatan Pontianak Utara dihadiri oleh Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Kota Pontianak, Delegasi dari Kelurahan, tokoh masyarakat dan tokoh agama, PKK, BKM dan  LPM di kecamatan Pontianak Utara.

Dalam sambutannya Walikota Pontianak berpesan agar pembangunan jangan dipolemikkan dan tidak membandingkan satu wilayah dengan wilayah lainnya. "Kita sudah rencanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik wilayahnya, Kecamatan Pontianak Utara tidak bisa dibandingkan dengan Pontianak Selatan yang merupakan area perdagangan". Sutarmidji melanjutkan bahwa Kecamatan Pontianak Utara sesuai dengan karakterstik tanah gambutnya merupakan daerah pertanian dan terdapat kawasan pertanian terpadu seluas 800 Ha yang hanya dapat dipergunakan sebagai budidaya pertanian.

Namun demikian, bukan berarti pembangunan di Pontianak Utara tidak seperti kecamatan lainnya. Pemerintah berusaha meningkatkan investasi property di Pontianak utara untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Untuk mendukung hal tersebut maka pada tahun 2014 ini Pemkot Pontianak sudah menganggarkan pelebaran budi utomo jadi menjadi 9 meter dengan anggaran multi years antara 2 sampai 3 tahun. Selain itu Jalan Budi Utomo dan Jalan Kebangkitan Nasional juga akan dituntaskan tahun ini. Sedangkan Jalan Selat Panjang akan diperlebar dan diminta agar ada upaya aparatur kecamatan agar masyarakat bersedia menyerahkan jalan untuk pelebaran jalan sehingga kedepannya ada akses dari Pontianak Utara ke Sungai Bawang sebagai akses alternatif.

Dari segi pendidikan, Walikota juga berpesan agar dalam Musrenbang ini sama-sama dipikirkan penambahan satu SMA negeri berserta rencana lokasinya karena di Kecamatan Pontianak Utara hanya terdapat satu SMA negeri. Sedangkan untuk penyediaan kebutuhan air bersih di Pontianak Utara diprioritaskan penyediaan sambungan air bersih bagi masyarakat tidak mampu. Dari dana APBD sudah dianggarkan untuk pembangunan pipa tersier untuk meningkatkan cakupan air bersih di Pontianak Utara, selain itu Walikota juga berkeinginan agar di wilayah Batu Layang dapat dibangunkan Boster. Selain itu untuk TPA Batu Layang juga diprioritaskan perbaikan dan penataannya, sementara untuk penghijauan, Walikota menghimbau agar daerah-daerah yang masih gersang agar ditanami pohon peneduh.

Sedangkan untuk kesehatan, Sutarmidji berpesan agar pihak Puskesmas dapat memfasilitasi asuransi kesehatan masyarakat miskin dan penerima Jamkesmas ke BPJS. "Jangan sudah sakit baru mengurus asuransi, urus dari sekarang karena Kita sudah sediakan anggaran untuk mensubsidi asuransi kesehatan BPJS bagi 2000 masyarakat miskin tahun 2014 ini", ujar Sutarmidji.

sebelum mengakhiri sambutannya, Walikota mengingatkan agar setiap Kecamatan memiliki database gang dan drainase yang diurutkan sesuai kondisinya. Dalam proses penyusunannya perlu dilibatkan RT dan RW sehingga pada saat Musrenbang sudah tersedia data gang dan drainase yang akan diusulkan. "Daftar usulan Musrebang tersebut sudah kita himpun dalam Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan (SIPP), nanti Bapak dan Ibu buka saja websitenya, bisa dicari dan dikawal cari usulan Musrenbang tersebut dalam SIPP secara online", ujar Walikota.

Kegiatan Musrenbang Kecamatan Pontianak Utara ini kemudian dilanjutkan dengan pleno I yang merupaka pemaparan oleh Camat Pontianak Utara, Sekretaris Bappeda Kota Pontianak, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan perumahan, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan serta kepala Dinas Pemuda dan Olah Rraga.

Sedangkan Pleno II merupakan tahapan diskusi peserta Musrenbang kecamatan untuk menentukan prioritas pembangunan di Kecamatan Pontianak Utara. Diskusi dibagi menjadi 3 kelompok yaitu Biang Fisik dan Prasarana, bidang Ekonomi, dan Bidang Sosial Budaya. Pembahasan usulan dilakukan menggunakan SIPP yang merupakan hasil prioritas Musrenbang kecamatan, usulan yang merupakan prioritas kemudian dikirimkan secara online melalui SIPP ke Forum SKPD Kota Pontianak.