A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: models/m_berita.php

Line Number: 60

Berita | Forum SKPD Kota Pontianak 2015: Fokus Tuntaskan Kemiskinan, Peningkatan IPM, Infrastruktur dan Pengelolaan Lingkungan
BERITA DAN KEGIATAN

Forum SKPD Kota Pontianak 2015: Fokus Tuntaskan Kemiskinan, Peningkatan IPM, Infrastruktur dan Pengelolaan Lingkungan


| 11 Maret 2014 | 10:11:17

Pada hari Selasa dan Rabu tanggal 11-12 Maret 2014, segenap Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kota Pontianak melaksanakan Forum SKPD 2014 dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kota Pontianak Tahun Anggaran 2015. Dalam forum yang dilaksanakan di Grand Hotel Mahkota Pontianak ini, hadir seluruh utusan dari SKPD di lingkungan Kota Pontianak, delegasi Kecamatan yang merupakan perwakilan dari Musrenbang Kecamatan serta para narasumber baik dari kalangan pemerhati pembangunan di kota Pontianak (stakeholders) maupun dari kalangan pakar dan akademisi.

Forum SKPD ini adalah salah satu tahapan dalam rangkaian proses perencanaan pembangunan sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembanguan Nasional, serta dijabarkan lebih jauh dalam Permendagri No. 54 tahun 2010 tentang Pelaksananaan PP No. 8 Tahun 2008 tentang Tahapan, Tata Cara Penyusunan, Pengendalian dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan.

Dalam Forum yang merupakan ajang koordinasi antar-pelaku pembangunan ini, dibahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil Musrenbang Kecamatan dengan SKPD, serta disusun dan kemudian disempurnakan menjadi Rencana Kerja SKPD (Renja SKPD). Forum ini juga merupakan  pengejawantahan proses perencanaan partisipatif yang tidak lain merupakan proses perencanaan atas bawah (top down) dan bawah atas (bottom up)yang  mempertemukan kelompok masyarakat sektoral dan spasial. Dalam forum ini dilakukan penyelarasan usulan antara hasil-hasil Musrenbang kecamatan dengan draf Rencana Kerja SKPD, serta memberikan kesempatan kepada kelompok sektoral untuk memberikan masukan dan usulan kegiatan yang dinilai mampu mengatasi persoalan yang ada di sektor tertentu. Forum SKPD juga ditujukan sebagai arena untuk melakukan sinergisitas antara usulan kegiatan yang bersifat spasial dan usulan sektoral.

Dalam sambutannya untuk membuka Forum SKPD tersebut, Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyatakan, digelarnya forum SKPD ini untuk menyusun dan menyamakan persepsi dari hasil musrenbang tingkat kecamatan. “Hasilnya dihimpun, diperdalam dan dipertajam untuk kemudian dibahas pada musrenbang tingkat Kota Pontianak,” jelasnya.Menurutnya, arah pembangunan ke depan diantaranya menekan angka kemiskinan, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), infrastruktur, kesehatan dan pendidikan.

Sementara itu dalam arahannya pada Forum Gabungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), Walikota Pontianak, Sutarmidji mengatakan “Sasaran pembangunantidak hanya fokus pada infrastruktur jalan saja. Ada beberapa hal yang tak kalah pentingnya seperti perbaikan drainase, pengolahan limbah, penghijauan dan pemilahan sampah sudah saatnya harus segera ditangani secara baik. “Pembangunan fisik seperti infrastruktur jalan sudah berjalan, tinggal bagaimana kita merawatnya secara baik. Ke depan kita fokus pada persoalan lingkungan,” kata Sutarmidji.


Ia berharap program dan kegiatan SKPD bisa selaras dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang tingkat kecamatan. Agenda-agenda pembangunan hendaknya dijabarkan secara optimal dan efektif melalui program dan kegiatan dalam Rencana Kerja (renja) SKPD. “Utamakan kebutuhan masyarakat melalui musrenbang baik di tingkat kelurahan maupun kecamatan,” ujarnya.


Setelah acara pembukaan forum SKPD, agenda dilanjutkan dengan pembahasan secara mendalam rancangan Rencana Kerja SKPD dengan dihadiri oleh delegasi dari masing-masing kecamatan yang menyuarakan usulan Musrenbang Kecamatan, nara sumber dari stakeholder, akademisi dan praktisi pemerhati masalah perkotaan dengan difasilitasi oleh Bappeda. Pembahasan difokuskan pada penyelarasan usulan-usulan masyarakat melalui musrenbang dengan rancangan Rencana Kerja SKPD, sehingga didapat kata mufakat apakah dapat diakomodir atau akan ditampung di Renja SKPD tahun berikutnya.

Dengan didukung Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan (SIPP), pelaksanaan Forum SKPD kali ini dirasa sudah jauh lebih baik. SIPP membuat pembahasan usulan jauh lebih mudah dan transparan dan hasil yang disepakati langsung dapat diketahui karena terekam dalam sistem yang sudah online. Hasil kesepakatan yang dicapai dari pelaksanaan Forum SKPD ini, selanjutnya akan dibawa dalam Musrenbang Kota dimana akan disinergikan kembali dengan rancangan RKPD tahun 2015 untuk selanjutnya ditetapkan dan menjadi acuan dalam proses penganggaran selanjutnya.

Sumber : bappeda.pontianakkota.go.id