BERITA DAN KEGIATAN

Dispora Kota Gelar Musrenbang


Bidang litbang | 05 Desember 2012 | 12:29:54

Dalam rangka menghadapi Forum SKPD yang akan diselenggarakan di Bappeda Kota Pontianak, Dispora Kota Pontianak menyelenggarakan Musrenbang Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak sebagai forum untuk menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan pemuda dan olahraga tentang rencana kerja tahunan Dispora Kota Pontianak Tahun 2012 yang dilaksanakan di Aula Asrama Haji Pontianak, Rabu (23/2).
Diselenggarakannya Musrenbang Pemuda dan Olahraga ini adalah untuk mendapatkan masukan dan sinkronisasi program dan kegiatan baik dari unsur DPRD Kota Pontianak, Akademisi, Pihak Swasta, Organisasi Kepemudaan (OKP) Kota Pontianak, Forkot Pontianak, SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pontianak maupun dari Dispora Propinsi Kalimantan Barat. “diselenggarakannya musrenbang ini untuk mendapat masukan dan informasi program dan kegiatan dari semua stakeholder untuk menyusun rencana kerja dispora tahun 2012,” papar Drs. Khairul Azhar selaku panitia penyelenggara dalam laporan yang disampaikannya.
Lebih lanjut, Khairul Azhar menjelaskan dimana nantinya masukan dan informasi program dan kegiatan tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam musrenbang ini untuk menjadi skala prioritas kegiatan guna menyempurnakan rencana kerja tahunan Dispora Kota Pontianak Tahun 2012.
Sementara itu Wakil Walikota Pontianak, Paryadi, S.Hut dalam sambutannya mengharapkan nantinya semua masukan dan informasi yang berkaitan dengan kegiatan olahraga dan kepemudaan yang disampaikan dalam musrenbang ini hendaknya menjadi program-program yang dapat mengoptimalkan kinerja Dispora Kota Pontianak khususnya dan Pemerintah Kota Pontianak pada umumnya dalam rangka mengoptimalkan pembinaan kegiatan olahraga dan kepemudaan pada tahun 2012.
Selain itu, Paryadi juga menginginkan nantinya program-program yang berkaitan dengan pembinaan dibidang olahraga untuk tahun 2012 nantinya akan lebih difokuskan pada program untuk mencari bibit-bibit baru yang fungsinya untuk estafet bidang olahraga khususnya usia 15, 16, 17 tahun untuk semua cabang-cabang olahraga dan tentunya semua ini diharapkan nantinya tidak lepas dari peran serta dan kerjasama dengan KONI Kota Pontianak. “saya tidak berharap nantinya kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Dispora hanya sekedar memenuhi program saja, artinya kegiatan selesai programpun selesai. Namun, harus terus melakukan pembinaan terhadap atlit-atlit yang berprestasi dibidang olahraga tersebut terutama dalam melakukan aktifitas-aktifitas olahraga,” ungkapnya.
Disamping itu, perlu juga diselenggarakan kompetisi-kompetisi pada tingkat pelajar yang nantinya disinergikan dengan kegiatan Dinas Pendidikan seperti porseni untuk mencari bibit-bibit yang betul-betul untuk persiapan kita dalam menghadapi kompetisi tingkat Kota, Propinsi, Regional dan Nasional. “karena sebelum masuk pada kompetisi tingkat nasional minimal harus berkompetisi pada tingkat regional,” jelasnya. “Kalau perlu, seandainya kita mengundang pelatih-pelatih nasional untuk membangun semangat atlit-atlit olahraga,” tambahnya.
Dalam kesempatan yang sama, Drs. Zulkarnain, M.Si selaku Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak juga berharap nantinya hasil musrenbang ini dapat dijadikan program kerja Dispora untuk tahun 2012 sehingga dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan dan pembinaan dibidang olahraga dapat lebih fokus dan lebih optimal.
Pada kesempatan tersebut, Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Pontianak melakukan launching website Dispora Kota Pontianak. (09)