A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: models/m_berita.php

Line Number: 60

Berita | Lakukan Studi Banding, Pemkab Gresik Targetkan Bangun SIPP Tahun 2014
BERITA DAN KEGIATAN

Lakukan Studi Banding, Pemkab Gresik Targetkan Bangun SIPP Tahun 2014


| 24 Desember 2013 | 08:27:06

Bappeda Kota Pontianak dikunjungi oleh Kabupaten Gresik, Jawa Timur pada hari Senin, tanggal 23 Desember 2014 dalam rangka studi banding pemanfaatan SIPP dalam penyusunan hasil Musrenbang dan Forum SKPD yang bertepatan dengan pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Pontianak Bapak H. Sutarmidji, SH.,M.Hum dan Bapak Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT periode 2013 - 2018. Kunjungan ini merupakan tindak lanjut ketertarikan Pemkab Gresik setelah mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh Sekretaris Bappeda Kota Pontianak (Bapak H. Y. Trisna Ibrahim, ST, MT) dan Asisten II Setda Kota Pontianak (Ibu Hj. Ir. Rusdiana) pada acara Raker dan Evaluasi dan Realisasi APBD Kabupaten/Kota Se-Indonesia yang dilaksanakan oleh Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan di Bali International Convention Center, Nusa Dua, Bali, pada tanggal 7 Desember 2013 yang lalu

Kedatangan Tim dari Pemkab Gresik tersebut disambut langsung oleh Kepala Bappeda, Sekretaris Bappeda, para Kepala Bidang  di Lingkungan Bappeda Kota Pontianak serta jajaran kasubid dan staf di Bidang Litbang Bappeda. Tim yang berkunjung berjumlah 8 (delapan) orang yang berasal dari 2 SKPD yaitu Bappeda dan BPKAD Kabupaten Gresik. Utusan dari Bappeda terdiri dari Sekretaris Bappeda dan seluruh jajaran Kepala Bidang,  sedangkan dari BPAKD terdiri dari Kepala Bidang Anggaran dan kepala Bidang BPKAD Pemkab Gresik.

Pada pertemuan studi banding ini, Sekretaris Bappeda Kota Pontianak memaparkan cara pemanfaatan SIPP secara on line sehingga Tim Pemkab Gresik dapat melihat langsung cara kerja penggunaan SIPP ini mulai dari user kelurahan, user kecamatan, user SKPD maupun user sebagai admin sistem. Selain itu juga dipaparkan manfaat yang dirasakan oleh Pemerintah Kota Pontianak dengan penggunaan SIPP ini, diantaranya proses penyusunan RKPD lebih transparan, memperbesar kesempatan masyarakat berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan, memudahkan melacak usulan-usulan masyarakat dalam Musrenbang, memudahkan inventarisasi usulan yang diakomodir dan usulan yang belum tertampung. Namun demikian dipaparkan juga kendala, hambatan serta solusi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Pontianak terkait penggunaan SIPP terutama pada tahun pertama pemanfaatannya.

Pada diskusi yang terbangun terlihat bahwa Pemkab Gresik sangat tertarik untuk membangun SIPP / Sistem Informasi Penyusunan Hasil Musrenbang dan Forum SKPD ini dan menargetkan pada tahun 2014 sudah dapat membangun SIPP untuk dimanfaatkan pada proses Musrenbang tahun 2015. Dalam diskusi juga dibahas pemanfaatan sistem informasi dalam proses monitoring dan evaluasi. terkait hal tersebut maka dipaparkan juga mengenai SIMEKBANG Kota Pontianak yang merupakan salah satu sistem yang dibangun Bappeda Kota Pontianak pada tahun 2012 yang lalu sebagai instrument monev kinerja SKPD di Pemerintah Kota Pontianak.